Rabu, 01 Juni 2011

DUGEM IN MATIC LOW RIDER

Yamaha Mio ’06 – Thonk Design JOGJAKARTA
author : ilham ceperis rumahan


Maskot baru dari Thonk Design barusan kelar, Mio keluaran 2006 jadi andalan baru. “Trend bomber lagi booming tapi ini pakai pelek 17 inchi. Belum ada yang aplikasi, tidak hanya buat dibelakang tapi juga di roda depan,” terang Thonk. Kebetulan doi dapat murah 4 buah pelek Zigen 17 inchi seharga Rp. 3 Juta aje. Ada sedikit masalah waktu pengaplikasian pelek Zigen ke Mio, pada bagian depan ada sedikit pelebaran. Teromol asli milik mio nggak mampu untuk menopang pelek bomber dari Zigen ini. Solusinya Thonk mengadopsi as dan tromol milik Yamaha Civic.

Pipa as Civic dipotong 15 cm untuk menyesuaikan lebar tapak dalam Zigen. Bagian teromol Civic diubah sebagai penghubung ke bagian center pelek Zigen, diberi baut knock down 4 baut. Sisi lainnya terdapat adaptor khusus cakram yang dilas mati dipadukan dengan cakram milik satria. Masalah lainnya muncul, lebar pelek Zigen yang dibalut karet Toyo 215/40x17 ini tidak masuk kedalam sok depan. Sedikit trik, perlu segitiga baru sesuai dengan lebar tapak pelek mobil ini. Thonk hanya mengambil as Mio, segitiga baru dilas mati. Suspensi depan dipercayakan oleh WP untuk mengawal ban bombernya.



Aplikasi Zigen diburitan hampir sama dengan depan, hanya ada kendala waktu masang ke CVT. Ukuran bomber membuat posisi ban GT Radial 215/40x17 mundur 10cm lebih, as roda tidak menyatu dengan as CVT. Ada trik kecil memakai gir transfer perbandingan 32:14, diposisikan putaran lebih ringan, finishing dicat khas Thonk Design, motif tribal blade dengan komposisi warna candytone. Memakai oplosan cat lesonal dan lapisan anti gores Sikkens jadi andalannya.

Spek Modif :
Pelek DPN-BLKG : Zigen Ring 17, Ban DPN : Toyo 215/40-17, Ban BLKG : GT Radial 215/40-17, Cakram DPN : Satria, SOK DPN : WP, Knalpot : Power, Subwoofer : Ultimate, Tweeter : Cyber, Speaker : Sound Stream, Cat : Lesonal, Clear : Sikkens, Airbrusher : Thonk Design Jl. Dongkelan-Krapyak Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar